Batak merupakan salah satu suku bangsa di Indonesia. Nama ini merupakan sebuah tema kolektif untuk mengidentifikasikan beberapa suku bangsa yang bermukim dan berasal dari Tapanuli dan Sumatra timur Sumatera Utara. Suku bangsa yang dikategorikan sebagai Batak adalah: Batak Toba, Batak Karo, Batak Pakpak, Batak Simalungun, Batak Angkola, dan Batak Mandailing.
Orang Batak termasuk ras Mongoloid Selatan yang berbahasa Austronesia
namun tidak diketahui kapan nenek moyang orang Batak pertama kali
bermukim di Tapanuli dan Sumatera Timur. Bahasa dan bukti-bukti
arkeologi menunjukkan bahwa orang yang berbahasa Austronesia dari Taiwan telah berpindah ke wilayah Filipina dan Indonesia sekitar 2.500 tahun lalu, yaitu di zaman batu muda (Neolitikum). Karena hingga sekarang belum ada artefak Neolitikum
(Zaman Batu Muda) yang ditemukan di wilayah Batak maka dapat diduga
bahwa nenek moyang Batak baru bermigrasi ke Sumatra Utara di zaman
logam. Pada abad ke-6, pedagang-pedagang Tamil asal India mendirikan kota dagang Barus,
di pesisir barat Sumatera Utara. Mereka berdagang kapur Barus yang
diusahakan oleh petani-petani di pedalaman. Kapur Barus dari tanah Batak
bermutu tinggi sehingga menjadi salah satu komoditas ekspor di samping
kemenyan. Pada abad ke-10, Barus diserang oleh Sriwijaya. Hal ini menyebabkan terusirnya pedagang-pedagang Tamil dari pesisir Sumatera. Pada masa-masa berikutnya, perdagangan kapur Barus mulai banyak dikuasai oleh pedagang Minangkabau yang mendirikan koloni di pesisir barat dan timur Sumatera Utara. Koloni-koloni mereka terbentang dari Barus, Sorkam, hingga Natal
R.W Liddle
mengatakan, bahwa sebelum abad ke-20 di Sumatra bagian utara tidak
terdapat kelompok etnis sebagai satuan sosial yang koheren. Menurutnya
sampai abad ke-19, interaksi sosial di daerah itu hanya terbatas pada
hubungan antar individu, antar kelompok kekerabatan, atau antar kampung.
Dan hampir tidak ada kesadaran untuk menjadi bagian dari satuan-satuan
sosial dan politik yang lebih besar. Pendapat lain mengemukakan, bahwa munculnya kesadaran mengenai sebuah keluarga besar Batak baru terjadi pada zaman kolonial. Dalam disertasinya J. Pardede mengemukakan bahwa istilah "Tanah Batak" dan "rakyat Batak" diciptakan oleh pihak asing. Sebaliknya, Siti Omas Manurung, seorang istri dari putra pendeta Batak Toba menyatakan, bahwa sebelum kedatangan Belanda, semua orang baik Karo maupun Simalungun mengakui dirinya sebagai Batak, dan Belandalah yang telah membuat
terpisahnya kelompok-kelompok tersebut.
MARGA BATAK
Para ahli sejarah sepakat Marga Batak dimulai dari Si Raja Batak yang diyakini sebagai asal mula orang Batak. Si Raja Batak dan rombongannya datang dari Thailand, terus ke Semenanjung Malaysia lalu menyeberang ke Sumatera dan menghuni Sianjur Mula Mula, lebih kurang 8 km arah Barat Pangururan, pinggiran Danau Toba sekarang. dari Diperkirakan Si Raja Batak hidup sekitar tahun 1200 (awal abad ke- 13). Raja Sisingamangaraja XII salah satu keturunan Si Raja Batak yang merupakan generasi ke-19 (wafat 1907), maka anaknya bernama Si Raja Buntal adalah generasi ke-20.Batu bertulis (prasasti) di Portibi tahun 1208 yang dibaca Prof. Nilakantisasri (Guru Besar Purbakala dari Madras, India) menjelaskan bahwa pada tahun 1024 kerajaan COLA dari India menyerang SRIWIJAYA yang menyebabkan bermukimnya 1.500 orang TAMIL di Barus.
Pada tahun 1275 MOJOPAHIT menyerang Sriwijaya, hingga menguasai daerah Pane, Haru, Padang Lawas. Sekitar rahun 1.400 kerajaan NAKUR berkuasa di sebelah Timur Danau Toba, Tanah Karo dan sebagian Aceh.
Dengan memperhatikan tahun tahun dan kejadian di atas diperkirakan: Si Raja Batak adalah seorang aktivis kerajaan dari Timur Danau Toba (Simalungun sekarang), dari Selatan Danau Toba (Portibi) atau dari Barat Danau Toba (Barus) yang mengungsi ke pedalaman, akibat terjadi konflik dengan orang-orang Tamil di Barus. Akibat serangan Mojopahit ke Sriwijaya, Si Raja Batak yang ketika itu pejabat Sriwijaya yang ditempatkan di Portibi, Padang Lawas dan sebelah Timur Danau Toba (Simalungun).
Sebutan Raja kepada Si Raja Batak diberikan oleh keturunannya karena penghormatan, bukan karena rakyat menghamba kepadanya. Demikian halnya keturunan Si Raja Batak seperti Si Raja Lontung, Si Raja Borbor, Si Raja Oloan, dsb. Meskipun tidak memiliki wilayah kerajaan dan rakyat yang diperintah. Selanjutnya menurut buku TAROMBO BORBOR MARSADA anak Si Raja Batak ada 3 (tiga) orang yaitu : GURU TETEA BULAN, RAJA ISUMBAON dan TOGA LAUT. nama terakhir ini sangat jarang di di sebut dalam sejarah batak karena tidak mempunyai keturunan, sehingga banyak para penulis sejarah Batak yang menulis keturunan si Raja Batak hanya 2 Orang. dari 2 orang inilah keturunan dan marga batak tersebar kesemua daerah di Sumatera Utara.
Pada tahun 1275 MOJOPAHIT menyerang Sriwijaya, hingga menguasai daerah Pane, Haru, Padang Lawas. Sekitar rahun 1.400 kerajaan NAKUR berkuasa di sebelah Timur Danau Toba, Tanah Karo dan sebagian Aceh.
Dengan memperhatikan tahun tahun dan kejadian di atas diperkirakan: Si Raja Batak adalah seorang aktivis kerajaan dari Timur Danau Toba (Simalungun sekarang), dari Selatan Danau Toba (Portibi) atau dari Barat Danau Toba (Barus) yang mengungsi ke pedalaman, akibat terjadi konflik dengan orang-orang Tamil di Barus. Akibat serangan Mojopahit ke Sriwijaya, Si Raja Batak yang ketika itu pejabat Sriwijaya yang ditempatkan di Portibi, Padang Lawas dan sebelah Timur Danau Toba (Simalungun).
Sebutan Raja kepada Si Raja Batak diberikan oleh keturunannya karena penghormatan, bukan karena rakyat menghamba kepadanya. Demikian halnya keturunan Si Raja Batak seperti Si Raja Lontung, Si Raja Borbor, Si Raja Oloan, dsb. Meskipun tidak memiliki wilayah kerajaan dan rakyat yang diperintah. Selanjutnya menurut buku TAROMBO BORBOR MARSADA anak Si Raja Batak ada 3 (tiga) orang yaitu : GURU TETEA BULAN, RAJA ISUMBAON dan TOGA LAUT. nama terakhir ini sangat jarang di di sebut dalam sejarah batak karena tidak mempunyai keturunan, sehingga banyak para penulis sejarah Batak yang menulis keturunan si Raja Batak hanya 2 Orang. dari 2 orang inilah keturunan dan marga batak tersebar kesemua daerah di Sumatera Utara.
Guru Tatea Bulan sendiri mempunyai 5 (lima) orang putra yakni
Raja Uti (Raja Biakbiak), Saribu Raja, Limbong Mulana, Sagala Raja dan
Malau Raja. Sementara Si Raja Isumbaon mempunyai 3 (tiga) orang putra yakni Tuan Sorimangaraja, Si Raja Asiasi dan Sangkar Somalidang.dari keturunan (pinompar) mereka inilah kemudian menyebar ke
segala penjuru daerah di Tapanuli baik ke utara maupun ke selatan
dalam perjalanannya kemudian tercip marga yang jumlahnya mencapai ratusan marga, dari beberapa sumber yang penulis baca, marga itu sebenarnya nama beberapa moyang para leluhur bangsa batak yang merupakan keturunan Si Raja Batak, Marga bagi orang batak selain untuk mengenali silsilahnya /tarombo dari yang bersangkutan juga berfungsi sebagai penentu kedudukan yang bersangkutan dalam falsafah DALIHAN NA TOLU dalam adat Batak. Dalihan Na Tolu adalah filosofis atau wawasan sosial-kultural yang menyangkut masyarakat dan budaya Batak. Dalihan Natolu menjadi kerangka yang meliputi hubungan-hubungan kerabat darah dan hubungan perkawinan yang mempertalikan satu kelompok. Dalam adat batak, Dalihan Na Tolu ditentukan dengan adanya tiga kedudukan fungsional sebagai suatu konstruksi sosial yang terdiri dari tiga hal yang menjadi dasar bersama. Ketiga tungku tersebut adalah:
- Pertama , Somba Marhula-hula/hormat kepada keluarga pihak Istri
- Kedua, Elek Marboru (sikap membujuk/mengayomi wanita)
- Ketiga, Manat Mardongan Tubu (bersikap hati-hati kepada teman semarga)
DALIHAN NA TOLU
Dalihan Na Tolu ADALAH filosofis orang Batak, artinya tungku yang berkaki tiga, bukan berkaki empat atau lima.
Tungku yang berkaki tiga sangat membutuhkan keseimbangan yang mutlak.
Jika satu dari ketiga kaki tersebut rusak, maka tungku tidak dapat
digunakan. Kalau kaki lima, jika satu kaki rusak masih dapat digunakan
dengan sedikit penyesuaian meletakkan beban, begitu juga dengan tungku
berkaki empat yang bisa tetap digunakan jika salah satunya rusak.
Dalihan Natolu menjadi kerangka yang meliputi hubungan-hubungan kerabat darah dan hubungan perkawinan yang mempertalikan satu kelompok. Dalam adat batak, Dalihan Natolu ditentukan dengan adanya tiga kedudukan fungsional sebagai suatu konstruksi sosial yang terdiri dari tiga hal yang menjadi dasar bersama, ketiga hal tersebut:
1. Somba Marhula-hula; hormat kepada Hula-hula.Hula-hula adalah kelompok marga istri, mulai dari istri kita, kelompok marga ibu(istri bapak), kelompok marga istri opung, dan beberapa generasi; kelompok marga istri anak, kelompok marga istri cucu, kelompok marga istri saudara dan seterusnya dari kelompok dongan tubu.
Hula-hula ditengarai sebagai sumber berkat. Hula-hula sebagai sumber
hagabeon/keturunan. Keturunan diperoleh dari seorang istri yang berasal
dari hula-hula. Tanpa hula-hula tidak ada istri, tanpa istri tidak ada
keturunan
2. Elek Marboru/lemah lembut tehadap boru/perempuan. Berarti rasa sayang yang tidak disertai maksud tersembunyi dan pamrih.
Boru adalah anak perempuan kita, atau kelompok marga
yang mengambil istri dari anak kita(anak perempuan kita). Sikap lemah
lembut terhadap boru perlu, karena dulu borulah yang dapat diharapkan
membantu mengerjakan sawah di ladang tanpa boru, mengadakan pesta suatu hal yang tidak mungkin dilakukan.
3. Manat mardongan tubu/sabutuha, suatu sikap berhati-hati terhadap
sesama marga untuk mencegah salah paham dalam pelaksanaan acara adat.
Hati –hati dengan teman semarga. Kata orang tua-tua “hau na jonok do na
boi marsiogoson” yang berarti kayu yang dekatlah yang dapat bergesekan.
Ini menggambarkan bahwa begitu dekat dan seringnya hubungan terjadi,
hingga dimungkinkan terjadi konflik, konflik kepentingan, kedudukan dll.
Inti ajaran Dalihan Natolu adalah kaidah moral berisi ajaran saling
menghormati(masipasangapon) dengan dukungan kaidah moral: saling
menghargai dan menolong. Dalihan Natolu menjadi media yang memuat azas hukum yang objektif.
KEPERCAYAAN /AGAMA SUKU BATAK
Sebelum suku Batak Toba mengenal agama Kristen Protestan dan Islam , mereka mempunyai sistem kepercayaan dan religi tentang Mulajadi Nabolon yang memiliki kekuasaan di atas langit dan pancaran kekuasaan-Nya terwujud dalam Debata Natolu. Menyangkut jiwa dan roh, suku Batak Toba mengenal tiga konsep, yaitu:
- Tondi : adalah jiwa atau roh seseorang yang merupakan kekuatan, oleh karena itu tondi memberi nyawa kepada manusia. Tondi di dapat sejak seseorang di dalam kandungan.Bila tondi meninggalkan badan seseorang, maka orang tersebut akan sakit atau meninggal, maka diadakan upacara mangalap (menjemput) tondi dari sombaon yang menawannya.
- Sahala : adalah jiwa atau roh kekuatan yang dimiliki seseorang. Semua orang memiliki tondi, tetapi tidak semua orang memiliki sahala. Sahala sama dengan sumanta, tuah atau kesaktian yang dimiliki para raja atau hula-hula.
- Begu : adalah tondi orang telah meninggal, yang tingkah lakunya sama dengan tingkah laku manusia, hanya muncul pada waktu malam.
Sejarah
Batak modern dipengaruhi oleh dua agama samawi yakni Islam dan Kristen.
Islam makin kuat pengaruhnya pada saat Perang Padri, melalui aktivitas
dakwah yang dilakukan para da’i dari negeri Minang. Perluasan
penyebaran Agama Islam juga pernah memasuki hingga ke daerah Tapanuli
Utara dibawah pimpinan Tuanku Rao dari Sumatera Barat, namun tidak
begitu berhasil. Agama Islam lebih berkembang di kalangan Batak
Mandailing dan sebagian besar Batak Angkola.
MASUKNYA ISLAM
Dalam kunjungannya pada tahun 1292, Marco Polo melaporkan bahwa masyarakat Batak sebagai orang-orang "liar" dan tidak pernah terpengaruh oleh agama-agama dari luar. Meskipun Ibn Battuta, mengunjungi Sumatera Utara pada tahun 1345 dan mengislamkan Sultan Al-Malik Al-Dhahir,
masyarakat Batak tidak pernah mengenal Islam sebelum disebarkan oleh
pedagang Minangkabau. Bersamaan dengan usaha dagangnya, banyak pedagang
Minangkabau yang melakukan kawin-mawin dengan perempuan Batak. Hal ini
secara perlahan telah meningkatakan pemeluk Islam di tengah-tengah
masyarakat Batak.[Pada masa Perang Paderi
di awal abad ke-19, pasukan Minangkabau menyerang tanah Batak dan
melakukan pengislaman besar-besaran atas masyarakat Mandailing dan
Angkola. Namun penyerangan Paderi atas wilayah Toba, tidak dapat
mengislamkan masyarakat tersebut, yang pada akhirnya mereka menganut
agama Kristen Protestan, Kerajaan Aceh
di utara, juga banyak berperan dalam mengislamkan masyarakat Karo dan
Pakpak. Sementara Simalungun banyak terkena pengaruh Islam dari
masyarakat Melayu di pesisir Sumatera Timur
SALAM KHAS BATAK
Tiap puak Batak memiliki salam khasnya masing masing. Meskipun suku
Batak terkenal dengan salam Horasnya, namun masih ada dua salam lagi
yang kurang populer di masyarakat yakni Mejuah juah dan Njuah juah.
Horas sendiri masih memiliki penyebutan masing masing berdasarkan puak
yang menggunakannya
1. Pakpak “Njuah-juah Mo Banta Karina!”
2. Karo “Mejuah-juah Kita Krina!”
3. Toba “Horas Jala Gabe Ma Di Hita Saluhutna!”
4. Simalungun “Horas banta Haganupan, Salam Habonaran Do Bona!”
5. Mandailing dan Angkola “Horas Tondi Madingin Pir Ma Tondi Matogu, Sayur Matua Bulung!”
KEKERABATAN
Kekerabatan adalah menyangkut hubungan hukum antar orang dalam
pergaulan hidup. Ada dua bentuk kekerabatan bagi suku Batak, yakni
berdasarkan garis keturunan (genealogi) dan berdasarkan sosiologis,
sementara kekerabatan teritorial tidak ada. Bentuk kekerabatan berdasarkan garis keturunan (genealogi) terlihat dari silsilah marga mulai dari Si Raja Batak, dimana semua suku bangsa Batak memiliki marga.
Sedangkan kekerabatan berdasarkan sosiologis terjadi melalui perjanjian
(padan antar marga tertentu) maupun karena perkawinan. Dalam tradisi
Batak, yang menjadi kesatuan Adat adalah ikatan sedarah dalam marga,
kemudian Marga. Artinya misalnya Harahap, kesatuan adatnya adalah Marga
Harahap vs Marga lainnya. Berhubung bahwa Adat Batak/Tradisi Batak
sifatnya dinamis yang seringkali disesuaikan dengan waktu dan tempat
berpengaruh terhadap perbedaan corak tradisi antar daerah.
Adanya falsafah dalam perumpamaan dalam bahasa Batak Toba yang berbunyi: Jonok dongan partubu jonokan do dongan parhundul.
merupakan suatu filosofi agar kita senantiasa menjaga hubungan baik
dengan tetangga, karena merekalah teman terdekat. Namun dalam
pelaksanaan adat, yang pertama dicari adalah yang satu marga, walaupun
pada dasarnya tetangga tidak boleh dilupakan dalam pelaksanaan Adat.
Assalammualaikum wr wb,
BalasHapusBapak & Ibu
Kaum Muslimin dan Muslimah yang di Rahmati ALLAH SWT
INFORMASI DAFTAR HAJI dan UMROH INDONESIA TERDAFTAR di KEMENTRIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA Nomor Izin Kemenag D/351.Thn 2013.
UMROH Hemat & Berkah 1437H/2016
ADA PROGRAM NABUNG & BISA BERANGKAT UMROH GRATIS ….. !!!
APAKAH ANDA BELUM MELAKSANAKAN HAJI ATAU UMRAH?
SUDAH ADA NIAT TAPI BELUM TERLAKSANA
LANTARAN BELUM ADA BIAYA?
JANGAN KHAWATIR …
SELALU ADA JALAN BUAT ORANG-ORANG
YANG BERSUNGGUH-SUNGGUH …
HIMBAUAN KEPADA
CALON JAMAAH HAJI dan UMROH INDONESIA
Banyaknya Calon Jamaah Haji dan Umroh GAGAL BERANGKAT disebabkan KBIH dan TRAVEL Bodong (ILEGAL) beserta Terlantarnya Jamaah HAJI NON KUOTA (tidak terdaftar SISKOHAT) di Tanah SUCI
karena bujuk rayuan percepatan keberangkatan Haji oleh OKNUM KBIH dan TRAVEL
“Agar tidak mengalami NASIB yang serupa”
PASTIKAN KBIH & TRAVEL HAJI yang anda pilih TERDAFTAR di KEMENTRIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA
MAU UMRAH / HAJI ?
KAMI SIAP MEMBANTU, HINGGA IMPIAN ANDA BENAR BENAR NYATA
PENDAFTARAN UMRAH DAN HAJI PLUS BISA ANDA LAKUKAN DI SINI
INSYA ALLAH …. IBADAH UMRAH ANDA TAHUN INI BERBEDA DAN LEBIH BERMAKNA DARI TAHUN SEBELUMNYA …..
Inilah yang kami rekomendasikan khusus untuk Anda:
PT MEDIA WISATA UTAMA ( PT. SOLUSI BALAD LUMAMPAH - SBL).
Nomor Izin Kemenag D/351.Thn 2013.
yaitu sebuah Program Haji Plus / Umroh , untuk Anda dengan sebuah konsep yang unik dan menarik yaitu :
“Bagaimana Membuat Orang Yang Tidak Mampu Menjadi Mampu Untuk Umrah / Haji dan Sekaligus Merubah kondisi Financial menjadi lebih baik & Sejahtera.“
KITA MEMPUNYAI PAKET UMROH DENGAN PROGRAM MENABUNG DI BANK MANDIRI & BANK BNI
Untuk Informasi Lebih Lanjut
Silahkan Hubungi :
Ustadz Rhoedy
Call / sms : +62 852 3891 5028
Whatsapp : +62818 0564 0488
BBM : 59CF1C89
Kantor Perwakilan BALI - PT.MEDIA WISATA UTAMA (PT.SBL)
di JL TUKAD CITARUM No. 28 Panjer Renon Denpasar Bali.
Email : umrah.sahabatsbldenpasar@yahoo.com
WEBSITE :
www.daftarhajiumrohterdaftardikemenag.blogspot.co.id
Nama Perusahaan : PT. Media Wisata Utama
Merk Dagang : Solusi Balad Lumampah
Notaris : Muchlis Patahna,SH. MKn.
UUG No : SK.229/JS/VIII/2012
TDP : 101115113715
NPWP : 02.789.009.4-429.000
SK Menteri Hukum & HAM : AHU-40481 AH.01.01 Th.2012
Nomor Izin Kemenag D/351.Thn 2013.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus