Assalamu'alaikum Wr Wb. Dengan Rahmat Allah Swt, akhirnya blog sederhana ini kami tampilkan. Blog ini akan menjadi sarana komunikasi kami dengan masyarakat dimanapun berada, kami akan menyajikan berbagai informasi terkait kehidupan sosial masyarakat Sumatera Utara yang ada di Pulau Bali. Beberapa artikel tentang budaya dan sejarah dari Sumatera Utara juga menjadi topik blog ini. Akhir kata kami mengharapkan blog ini bermanfaat bagi saudara sekalaian khususnya masyarakat SUMUT. Wassalam @WMS BALI Note: kami menerima kiriman artikel yang sesuai dengan misi blog ini untuk dimuat silakan e-mail kami di : sahata_bali@mail.com

Rabu, 12 Oktober 2011

* KULINER KHAS MANDAILING *

* KULINER KHAS MANDAILING *

Kuliner khas  Mandailing begitu banyak, dan punya cita rasa kuat dan aroma menggoda. hal tersebut memberikan ciri khas tersendiri bagi etnismandailing. Makanan bukan sekedar kebutuhan fisik tetapi juga memainkan peranan dalam konteks budaya yang luas. Berikut beberapa kuliner khas  etnis Mandailing.


Gulai Bulung gadung, kuliner ini terbuat dari daun singkong yang ditumbuk pakai lesung ( kalau dikota biasanya susah cari lesung, sebagai pengganti lesung bisa pakai blender namun dengan tehnik khusus). santan kelapa sebagi kuah dan ditambahkan bumbu lainnya seperti cabe, bawang , terong poka/ rimbang* lengkuas dll
gule daun singkong


Gulai Ikan Sale, Ikan lele yang di asap sampai benar-benar kering, dimasak dengan santan kelapa dan bumbu-bumbu lainnya, terkadang juga ditambahkan daun singkong yang ditumbuk atau kentang.

 gulai ikan sale
note : kuliner ini termasuk idola di pengajian rutin WMS Bali 
  
Gulai Ikan Mas,kuliner ini sangat populer di Mandailing, ikan mas dimasak dengan kuah santan. Bumbu-bumbu: bawang merah, bawang putih, kunyit, cabe merah, serai, lengkuas, jeruk nipis, jahe, daun jeruk, daun salam dan garam.


Sambal Tuk-tuk, bahan utamanya adalah ikan asin kecil/ikan teri tanpa kepala. Bumbunya: jeruk nipis, minyak kelapa (untuk menumis), cabe merah, bawang merah, garam dan gula pasir. Sambal Tuk-tuk umumnya dijadikan saus untuk "dicolek" dengan sayuran rebus seperti daun ubi.   

sambal tuk tuk

Gulai Ikan Teri, dimasak memakai santan dengan bumbu: cabe merah, cabe kering, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, serei, kunyit, daun kunyit dan parutan kelapa (untuk santan).


Dan banyak lagi ..


Makanan khas Mandailing lainnya..

alame / dodol khas mandailing/sumut

 alame/dodol yg sudah di potong-potong

 Toge khas panyabungan


 Bika ambon - oleh oleh khas dari medan


Demikian sekelumit kecil tentang kuliner khas mandailing, salah satu suku di sumatera utara tepatnya di kabupaten mandailing Natal. mudah-mudahan bermanfaat

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar